Friday, July 10, 2009

Tips dan Trik wireless LAN

Untuk memperluas jangkauan wireless access point maupun wireless adapter, kita dapat mengganti antena standar dengan antena yang memiliki kemampuan lebih baik. Biasanya antena yang memiliki db lebih besar akan memiliki jarak jangkauan lebih jauh, untuk mempelajari lebih lanjut maka anda dapat belajar dengan mengenal lebih jauh jaringan wi-fi dengan mempelajari konsep gelombang radio dalam hal ini microwave, faktor – faktor lain yang berhubungan dengan jaringan wi-fi seperti fresnel zone, cable attenuation, eksternal wireless antena.



Untuk sistem keamanan jaringan yang handal tanpa mengurangi kinerja access point, anda dapat menggunakan fitur SSID dan MAC address filter.

Agar kwalitas koneksi dan kecepatan transfer pada kondisi optimal, sebaiknya posisikan access point di tengah-tengah klient yang terhubung di dalam jaringan. Letakan access point pada posisi yang tidak terhalang oleh dinding, meja, ataupun benda-benda lain yang dapat mengakibatkan sinya yang dipancarkan/diterima terganggu. Hal ini penting karna kwalitas dan jarak yang dapat dicapai tergantung pada banyak faktor yang menghalangi signal radio.

Usahakan agar memilih chanel pada access point yang tidak berdekatan dengan jaringan kita.

Untuk berbagi pakai access internet, gunakan access point yang memiliki fitur router terintegrasi untuk menghemat biaya pemakaian koneksi internet. Denngan cara ini kita bisa berbagi pakai koneksi internet dengan mode sigle connection yang dibagi pakai malalui router pada access point.



Comments :

0 comments to “Tips dan Trik wireless LAN”


Post a Comment