Friday, July 10, 2009

Tips dan Trik Jaringan Lan

1. Membangun jaringan LAN (Lokal Areal Network)

Apa itu Jaringan LAN dan Apa Gunanya?

jaringan LAN...apa sih jaringan LAN itu dan apa gunanya..

Jaringan LAN adalah sebuah jaringan yang menghubungkan dua atau lebih PC (Personal Computer) sehingga dapat bekerja dan berbagi file secara bersama-sama. dengan kata lain komputer menjadi sebuah keluarga yang bekerja dalam sebuah tempat/wilayah yang sama...ilustrasinya seperti ini:


"Sebuah PC kita ibaratkan satu orang yang berdiri sendiri. dan jaringan adalah media yang dapat menghubungkan orang tersebut dengan orang lain. Dengan danya penghubung antara orang yang satu dengan orang yang lain, maka otomatis orang tersebut dapat berkomunikasi dan saling berbagi..Seperti itulah pemberian jaringan pada PC/Komputer."

Guna jaringan pada PC di perkantoran adalah untuk saling berhubung antar komputer sehingga dapat dilakukan pembagian (sharing) data, printer dan program..dengan penggunaan jaringan LAN, ada beberapa perlakuan yang bisa kita lakukan seperti:

1.
Kita dapat mengambil atau mengirim data dari komputer kita ke kekomputer lain atau sebaliknya selama file tersebut sudah kita sharing (pengaturan tambahanyang harus kita lakukan agar file tersebut berstatus sharing).
2.
Dengan membangun sebuah jaringan, kita dapat berbagi media out put maupun input seperti Printer.
3.
Dengan membangun sebuah jaringan, kita akan bisa berbagi program atau bermain game PC secara bersama-sama.

Apa saja yang diperlukan untuk membangun jaringan LAN?

untuk membangun sebuah jaringan LAN. ada beberapa perlengkapan yang diharus kan ada untuk kelancaran dalam pembangunan sebuah jaringan LAN antara lain:

1. Untuk masing-masing PC (Komputer) harus memiliki Kartu Jaringan LAN Card yang tertanam pada komputer baik secara onboard (langsung ada pada mainboard) maupun ditambah melalui card yang tertanam pada slot PCI. ciri-ciri ada tidaknya bisa dilihat di bagianbelakang CPU komputer kita, apakah ada sebuah lubang yang bentuknya hampir sama dengan slot kabel telephon hanya ukurannya sedikit lebih besar.
2. Kabel jaringan, kabel jaringa ini banyak jenis nya. tapi biasanya lebihbanyak digunakan jenis kabel jenis UTP RJ 45 yakni terdiri dari 8 buah kabel berbeda-beda warna. Untuk bisa dipasang pada sebuah PC, maka hendaknya kabel tersebut sudah dipasangi UTP Plug Conektor pada kedua ujung kabelnya..Tata cara pemasangan conektornya juga ada caranya. Untuk penggunaan jaringan tanpa menggunakan hub (bus) atau hanya terdiri dari 2 komputer saja berbeda cara pemasangannya conektornya dengan yang menggunakan media tambahan hub (bus) atau lebih dari 2 komputer. Kalau dengan menggunakan media hub(bus), pemasangan kabelnya antara ujung kabel yang satu dengan ujung kabel yang lain urutan warnanya sama, sedangkan pada kalau tanpa media tambahan tambahan hub(bus) atau hanya 2 komputer, maka pemasangan conektornya menggunakan rumus tertentu. tapi kalau kita belum pernah atau masih awam, maka saat membeli kabel ke toko, minta pada penjual untuk langsung memasangkan conektor sesuai dengan kebutuhan kita.
3. Hub (Bus). adalah media yang akan membagi atau mengatur jalur peredaran komunikasi dalam sebuah jaringan.



Trus Gimana Cara Gunain nya?

sekarang gimana cara gunain atau proses instalasinya agar jaringan bisa terbentuk..?

untuk tahap pertama mungkin bagi yang menggunakan kartu jaringan yang eksternal,maka terlebih dahulu diisntalkan drivernya agar dapat dikenali oleh PC/Komputer tersebut. Tapi kalau onboard, maka kita bisa langsung melakukan tahap pengaturan IP address.

setiap Sistem Operasi berbeda-beda cara pengaturannya. disini kita akan mencoba mengatur settingan pada sistem operasi ciptaan Microsoft yakni Windows. setiap edisi Windows juga ada perbedaan pengaturannya sedikit tapi pada hakekatnya hampir sama...sekarang kita akan mencoba pada Sistem Operasi Windows XP. Langkah-langkanya antara lain sebagai berikut:

1. Klik kiri tombol Start dan selanjutnya klik Control Panel.
2. Setelah terbuka jendela Control Panel, klik kiri shortcut Network and Internet Connections.
3. Kemudian klik kiri shortcut Network Connections.
4. disana akan muncul shortcut jaringan yang biasanya sudah ada disertakan saat kita baru pertama menginstal windows.
5. Selanjutnya klik kanan shortcut Local Area Connection dan pilih properties.
6. Maka akan muncul sebuah jendela. pada tab General, klik tulisan Internet Protocol (TCP/IP) dan klik tombol Properties.
7. Maka akan muncul sebuah jendela baru lagi. pilih opsi pilihan Use the following IP Address.
8. Selanjutnya masukkanlah nomor IP addressnya. misalnya 192.168.1.1 pada kolom IP Address. pada nomor yang bercetak tebal maksudnya adalah nomor tersebut diubah jika kita mengatur pada komputer yang berbeda tapi masih dalam satu jaringan. sedangkan nomor yang lain tidak berubah
9. Pada kolom Subnet Mask. biasanya setelah kita tekan enter setelah mengisi secara lengkap IP Addres kita, akan muncul angka-angka defult yakni 255.255.255.0. biarkan saja nomor tersebut, dan lanjutnkanlah pengisian ke kolom berikutnya yakni default gateway.disini kita isikan nomor IP address komputer kita yang akan kita jadikan server. disini penulis mencontohkan nomor IP address Servernya adalah 192.168.1.1 juga sama seperti point 8 tadi karena sekarang kita akan mengatur settingan komputer server. nomor pada kolom ini harus sama untuk semua komputer yang akan kita gunakan dalam satu jaringan nantinya
10. Selanjutnya tekan OK. sedangkan kolom dibawahnya dibiarkan aja kosong karena biasanya itu digunakan untuk pengaturan internet.
11. Trus tekan tombol close
12. sekarang selesailah pengaturan IP Addressnya

sekarang jaringan sudah dapat digunakan..gampang bukan...Laughing

sekarang kita colokan semua kabel-kabel tadi ke masing-masing tempatnya. dan hidupkan mesin hub nya. sekarang kita lakukan pengecekan.

sebenarnya pada saat ini jaringan LAN sudah ada yang menggunakan media yang lebih canggi yakni dengan wirreless. tapi tidak kita bahas pada sesi sekarang ini. kita akan membahasnya ditrik yang akan datang.

sumber : berbagai sumber

0 comments:

Post a Comment